Seputar Sakti Family – part 1

seputar sakti family 1

[ panduan membaca: post ini dapat dinikmati dalam format tulisan berwarna gelap di atas background putih, dengan cara klik di sini ]

akhir-akhir ini saya sering membaca atau mendengar, bahwa membuat komik itu perlu riset.

jika memang harus ada riset, maka komik bisa saya anggap sama seperti karya tulis ilmiah, atau skripsi / tugas akhir yang lebih akrab untuk mahasiswa tua.

dalam skripsi, selain riset, ada juga poin-poin penting lain yang harus diperhatikan. salah satu yang paling utama adalah tujuan penulisan.

ketika mengajukan proposal judul skripsi, akan ditanyakan apa tujuan mengambil judul tersebut. jika tidak memiliki argumen yang cukup kuat untuk menjelaskan tujuan penulisannya, biasanya akan ditolak oleh dosen penguji proposalnya.

seputar sakti family 1

begitu juga komik, khususnya dalam ranah profesional, di mana editor bisa menolak proposal komik yang diajukan. meski yang diperhatikan lebih ke daya tarik komik tersebut, bukan ke tujuan dibuatnya.

agak berbeda untuk komik Sakti Family yang sempat rilis weekly di website alisnaik.com

karena bersifat independent web comic, maka tidak ada editor dalam komik ini. kalaupun ada, itu adalah saya, alisnaik, yang berperan ganda sebagai editor untuk komik saya sendiri.

di mana saya juga berhak untuk menentukan apakah komik Sakti Family ini layak tayang atau tidak, berdasarkan tujuan pembuatan komiknya.

nah, sekarang yang jadi pertanyaan, apakah tujuan dibuatnya komik Sakti Family ini?

untuk meramaikan komik Indonesia? tidak.

untuk menginspirasi orang lain? tidak juga. saya tak ada ambisi untuk menjadi inspirator atau semacamnya.

untuk mendukung industri komik Indonesia? sepertinya tidak. saya tak terlalu berniat mencari penghasilan dari komik gratisan seperti ini. meskipun ada rencana untuk bereksperimen mencetak hardcopy-nya dalam jumlah terbatas.

sebenarnya ada beberapa tujuan Sakti Family ini dibuat, namun yang paling utama adalah:
BIAR WEBSITE ALISNAIK.COM LEBIH ADA ISINYA

seputar sakti family 1

awalnya website alisnaik.com ini adalah blog gratisan beralamat alisnaik.wordpress.com yang saya buat tahun 2009 lalu.

kemudian tahun 2013 saya beli domainnya ke wordpress, atau bisa disebut upgrade domain, ini terhitung murah bila dibandingkan membuat website dari awal.

namun pada saat itu, saya jarang mengisi alisnaik.com ini dengan konten secara rutin. komik di dalamnya bisa dibilang masih acak-acakan.

hingga pertengahan 2014 saya mulai kepikiran untuk bikin sesuatu biar alisnaik.com bisa sedikit lebih meriah.

karena duit yang dipakai untuk membeli domain ini terasa sia-sia jika website nya tidak diisi secara rutin.

dari tujuan tersebut, terpikirlah sebuah ide untuk membuat sebuah serial komik yang tayang secara rutin. namun bukan komikstrip yang tayang rutin 2 kali tiap pekan seperti yang pernah marak pada awal 2013 di facebook.

saya ingin yang berbeda dari tren tadi, maka terpikirlah jadwal tayang secara weekly, atau setiap pekan. layaknya manga Jepang seperti One Piece atau Naruto yang masuk ke Weekly Shonen Jump.

namun tidak mungkin saya membuat komik dengan kuantitas halaman seperti weekly manga tadi. pasti keteteran. apalagi untuk komik gratisan.

maka saya tentukan jumlahnya berada di pertengahan, lebih banyak dari komikstrip, dan lebih sedikit dari weekly manga.

jumlah yang sekiranya bisa dikerjakan dalam waktu cepat, dan bisa saya ikhlas-kan untuk digratiskan.

jadilah formulasi halaman landscape kecil dengan jumlah sekitar 9 sampai 15 halaman. dan bisa dinikmati dengan smartphone.

seputar sakti family 1

setelah menemukan formulasi yang tepat, proses selanjutnya adalah menentukan target pembaca komik serial ini.

yang saya tetapkan sebagai komik untuk semua umur. namun bukan berarti komik anak-anak.

maka saya pun membuka notepad di handphone, melihat catatan berisi kumpulan ide komik yang sudah saya tabung untuk digunakan kelak saat dibutuhkan.

di antara beberapa ide, saya menjatuhkan pilihan pada ide komik tentang keluarga dengan kekuatan super, namun bukan superhero.

ide ini muncul karena 2 hal, yang pertama adalah film animasi tahun 2004, The Incredibles.

seputar sakti family 1

saya sangat menggemari film-film buatan studio Pixar, dan menjadikan The Incredibles sebagai inspirasi utama, adalah suatu kesenangan tersendiri, meskipun ini bukan film Pixar terfavorit saya.

bahkan saya sudah merencanakan, untuk membuat salah satu episode, di mana karakter keluarga yang saya buat itu, sedang menonton film The Incredibles.

jadi kalau ada yang bilang saya terinspirasi dari film itu, maka tidak perlu menyangkal atau marah.

saya mungkin tidak sependapat jika dibilang nyontek total, karena meskipun konsep awalnya sama-sama keluarga berkekuatan super, namun eksekusi akhirnya berbeda, kalau yang di film itu jadi superhero, sedangkan yang di komik tidak jadi pahlawan.

istilah yang biasa digunakan untuk ide semacam ini adalah ATM: Amati, Tiru, Modifikasi

yang kedua, selain karena The Incredibles, ide keluarga super ini muncul sebagai tanggapan saya akan maraknya komik bertema superhero atau kepahlawanan.

bukannya saya tak suka komik superhero, namun seakan-akan semuanya berlomba membuat komik semacam itu.

semuanya harus jadi pahlawan, pakai kostum mencolok, harus bertarung, harus ada penjahat.

bagaimana kalau ada komik yang menghilangkan segala keharusan itu, meskipun karakternya memiliki kekuatan super.

dari alasan ini pula, saya bisa menawarkan imajinasi kepada pembaca, “eh aku pingin juga punya kekuatan super, apalagi sekeluarga, tapi itu kekuatan cuma dipakai untuk keseharian”

saya tidak tahu apakah ada cerita komik atau film, di mana karakternya berkekuatan super, namun tak menjalani hidup kepahlawanan penuh pertarungan. kalau pun memang ada, berarti wawasan saya yang kurang. hehe.

setidaknya bagian awal film The Incredibles juga seperti ini sih, just a family daily activity, sebelum akhirnya ada konflik besar yang menghampiri sang ayah.

nah, dengan pilihan tema kekuatan super yang dicampur dengan slice of life, maka komik ini rencananya tak akan menyajikan kisah yang kompleks dan banyak mikir. ceritanya akan sederhana, dan bisa dibaca dengan santai.

seputar sakti family 1

karena selain semua umur, target pembacanya juga adalah orang-orang yang jarang membaca komik, apalagi komik yang berat isinya.

dan ide untuk proyek komik keluarga super ini awalnya saya beri judul “Keluarga Sakti”, di mana Sakti adalah nama dari anak sulung keluarga ini.

namun seperti judul skripsi yang bisa direvisi, Keluarga Sakti pun saya ganti menjadi Sakti Family.

penggunaan kosakata dalam bahasa Inggris ini, karena saya sempat kepikiran, kalau suatu saat komik ini saya terjemahkan ke dalam dialog bahasa Inggris, maka judul Sakti Family akan lebih enak dibaca oleh orang non-Indonesia.

selain itu juga karena sudah banyak saya jumpai judul sinetron, animasi, novel, atau komik lainnya yang berawal “Keluarga ….”, Keluarga Ini, Keluarga Itulah, dan Keluarga Lain-Lainnya.

setelah membahas tujuan utama pembuatan komik Sakti Family ini adalah demi adanya konten untuk alisnaik.com , saya akan menjelaskan tujuan yang lain.

yakni, saya ingin menguji konsistensi saya dalam membuat serial komik.

sebelumnya saya pernah membuat serial komik PUAS Pemeran Utamanya Adalah Setan, yang rilis akhir tahun 2011 di website ngomik.com

juga ada Pinguin Salto yang rilis pertengahan 2013 di alisnaik.com

seputar sakti family 1

2 serial itu hanya bertahan sampai 6 episode saja, setelah itu saya kehilangan semangat dan konsistensi untuk melanjutkannya.

karena itu, ketika mulai membuat Sakti Family, yang pertama rilis pada Oktober 2014, target jangka pendek saya adalah bisa mencapai lebih dari 10 episode.

sedangkan target jangka panjang saya adalah bisa konsisten terbit weekly selama 1 tahun, sekitar 50-an episode lah.

target jangka pendek memang berhasil tercapai, namun tidak dengan target jangka panjang.

Sakti Family harus hiatus sejak Juni 2015. ketika sudah mencapai 36 episode.

seputar sakti family 1

sebenarnya saya sudah mulai malas mengerjakan serial ini ketika mulai masuk story 30-an.

anda yang rajin mengikuti komik ini tiap pekan, pasti sempat menjumpai beberapa episode yang hadir pada Senin, terlambat satu hari.

jika boleh berkilah, alasan menjadi malas ini ada bermacam-macam, ada yang karena tujuan utama pembuatan Sakti Family telah terpenuhi, yakni alisnaik.com sudah ada isi yang lebih tertata dengan kehadiran sebuah serial komik.

alasan lain karena saat itu saya memasuki periode yang cukup sibuk, fokus pikiran banyak terbagi ke perihal offline. sehingga saya berpikiran untuk meliburkan Sakti Family dulu, daripada nanti tidak tergarap dengan optimal.

sampai saat ini saya masih berkeinginan untuk kembali menghidupkan serial ini. namun perlu tujuan, motivasi, dan semangat yang baru. entah itu apa. saya masih memikirkannya.

mungkin saya bisa jadi bersemangat lagi, jika ada pembaca setia Sakti Family yang mentransfer sejumlah uang ke rekening bank saya. hehehe.

itulah tadi pembahasan seputar komik Sakti Family, khususnya dari segi tujuan dan motivasi pembuatannya.

di tulisan berikutnya, saya berencana akan membahas seputar karakterisasi anggota Sakti Family

3 thoughts on “Seputar Sakti Family – part 1

silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s