10 komik Indonesia favorit

10-komik-Indonesia-favorit_alisnaik
selamat pagi.
pada tanggal 4 April ini, segenap komikus di Indonesia membuat sebuah acara bernama Kosasih Day.

apa itu Kosasih Day, yakni merupakan kegiatan offline maupun online untuk mengingat seorang komikus legendaris Indonesia, pak R.A. Kosasih, yang dulu lahir pada tanggal ini.

info lebih lanjut mengenai beliau dan acara Kosasih Day bisa dibaca di sini, silahkan.

saya sebagai komikus yang masih terhitung pemula di ranah komik Indonesia, mencoba turut meramaikan Kosasih Day dengan sebuah postingan sederhana di website pribadi ini.

mungkin tidak akan membahas beliau secara lebih lanjut, namun yang akan saya tulis di sini tetap ada hubungannya dengan komik Indonesia, yakni mengenai 10 komik Indonesia favorit saya.

mengingat terbatasnya jumlah komik Indonesia yang pernah saya baca, karena baru beberapa tahun belakangan ini aja saya mulai mengikutinya, dan keterbatasan dana juga. ditambah dengan unsur subjektif selera pribadi dalam menikmati komik. maka timbulnya perbedaan persepsi anda dalam ‘komik Indonesia favorit’ sudah pasti tidak dapat dihindarkan. mohon dimaklumi yak.

mengapa hanya 10, karena itu angka sempurna buat nilai ujian di sekolah. 10 komik ini juga terbit dalam kurun waktu sekitar 10 tahun ke belakang (2005-2014). dan saya batasi komik yang beredar dalam format cetak / hardcopy.

oke langsung saja yak. berikut daftar 10 komik Indonesia favoritnya alisnaik. diurutkan berdasarkan numerik dan alfabet.


101 Peradaban Purba
oleh Wahyu Hidayatz dan Zarki
penerbit Cendana Art Media – 2011

semua karakter manusia purba di sini sekilas terlihat bodoh, namun komik ini memiliki konsep cerita yang cerdas, tentang bagaimana para manusia purba menemukan 1 demi 1 teknologi yang nantinya digunakan hingga masa kini. meskipun dalam format komikstrip tiap 1 halaman, tapi secara keseluruhan saling menyambung menjadi satu cerita yang utuh dalam 1 buku.


Anak Kos Dodol Dikomikin 2
oleh Dewi Rieka dan Kharisma Jati
penerbit Gradien – 2010

jika volume 1 terlalu padat, dan volume 3 – 4 terlalu renggang, maka volume 2 ini pas. semua cerita disajikan dengan baik. adegan paling luar biasa adalah saat dikejar orang gila di Magelang.


Binatang Jatuh
oleh Erick Sulaiman
penerbit Koloni – 2009

dengan balutan style gambar yang khas, mampu menyajikan alur cerita komik yang tersusun rapi. perlahan namun pasti semakin seru hingga mencapai klimaks. sebuah pengalaman membaca komik yang menyenangkan.


Hutan Pakar 1, 2
oleh Galang Tirtakusuma
penerbit Muffin Graphics – 2013

menargetkan anak-anak sebagai pembacanya, tapi saya yang sudah tidak anak-anak pun tetap bisa menikmatinya dan sangat terhibur. disajikan dengan tanpa dialog, tentu bukan hal yang mudah untuk membuatnya. keren.


Knights of Apocalypse 1, 2, 3
oleh Is Yuniarto, John G. Reinhart, dan Aswin Agastya
penerbit Wind Rider – 2007, 2008

komik trilogi. genre fiksi ilmiah. banyak informasi yang ingin disampaikan di awal cerita, dan setelah itu semuanya berjalan semakin seru dan menarik. saya seperti berada langsung di dalam dunia futuristik yang disajikan komik ini.


Mamomics
oleh komunitas Mamomics
penerbit Anak Kita – 2013

kompilasi komik yang jujur. dibuat oleh sekumpulan ibu-ibu yang menceritakan pengalaman mereka mengasuh anak. suka maupun duka. tentunya dengan segenap kasih sayang seorang ibu.


Mantra
oleh R. Amdani dan Azisa Noor
penerbit Curhat Anak Bangsa dan Makko – 2011

ini adalah komik yang indah untuk dilihat, dibaca, diresapi, dan dihayati.


Married With Brondong
oleh Vbi Djenggotten dan Mira Rahman
penerbit Bikumiku – 2010

mengambil tema pernikahan antara suami yang lebih muda dari istrinya. sebuah tema yang tidak biasa, tapi menarik untuk disimak. disajikan dengan baik. saya merasakan kehangatan di komik ini.


Merdeka di Sunda Kelapa
oleh Ockto, Seta, dan Bayu
penerbit Koloni – 2012

saya belum pernah membaca seri komik Merdeka yang sebelumnya, namun setidaknya masih tetap bisa mengikuti cerita seri yang ini. mengangkat tema sejarah di Indonesia. secara keseluruhan ini komik yang seru dan menarik.


the Dreamcatchers
oleh Sweta Kartika
penerbit Koloni – 2011

tergabung dalam kompilasi komik Koloni Jagoan. the Dreamcatchers menampilkan suasana komik yang serius dan gelap. ketegangan cerita dan munculnya kejutan menjadi unsur yang menarik. halaman terakhir komik ini sungguh berkesan.

oke, itu tadi 10 komik Indonesia favorit saya. sepertinya mayoritas dari komik-komik tersebut sudah sulit untuk ditemui di toko buku.

sebenarnya masih banyak lagi komik Indonesia yang menurut saya bagus juga, tapi untuk saat ini saya batasi 10 saja. dan ini belum termasuk komik-komik keren lainnya yang beredar secara online di dunia maya.

yak sekian tulisan untuk meramaikan Kosasih Day kali ini.
semoga terus bermunculan komik Indonesia yang lebih menarik.
terima kasih dan mohon maaf 🙂

3 thoughts on “10 komik Indonesia favorit

  1. Sebenernya komik-komik di atas bagus-bagus. Sayangnya kalah promosi dengan komik jepun. Kalau promosinya gencar bisa saja komik Indonesia merajai di negri sendiri

silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s